-->

billboard ads

 

hidangan soto ayam medan memiliki ciri kuah berwarna kuning dan juga agak kental karna santan, hidangan ini merupakan makanan khas dari medan yang sudah terkenal sampai keluar daerah jadi tidak heran bila didaerah lain ada yang menyajikan soto ayam khas medan tetapi dengan bumbu yang cukup berbeda, kali ini yang dibagikan merupakan resep soto ayam asli khas medan.

Soto ayam medan merupakan makanan berkuah yang bisa dikategorikan sebagai makanan sepinggan atau soup indonesia, soto ayam medan ini memiliki rasa gurih dengan bahan dasar nya yaitu ayam yang dihidangkan bersama nasi atau lontong atau ketupat, irisan telur, irisan tomat, perasan jeruk nipis,  kecap dan sambal cabai serta taburan bawang goreng yang membuat hidangan ini semakin nikmat dan sedap.







RESEP 
SOTO AYAM MEDAN





  • BAHAN : 
  1. 500 gram ayam, potong menjadi 2 bagian
  2. 200 ml santan kara ( santan siap pakai )
  3. 2 gelas air ( untuk mencampur santan )
  4. 4 - 5 gelas ( untuk merebus ayam sekaligus sebagai kuah )
  5. Lengkuas ukuran 2 ruas jari, memarkan 
  6. 2 lembar daun salam, sobek
  7. 2 lembar daun jeruk purut, sobek
  8. 2 batang serai, memarkan
  9. Garam dan Merica secukupnya
  10. 2 sendok makan air jeruk nipis 
  11. Minyak goreng, untuk mengoreng ayam 
  • Bumbu yang dihaluskan :
  1. 6 siung bawang merah 
  2. 4 siung bawang putih 
  3. 1 sendok teh ketumbar
  4. 1/2 sendok teh jintan
  5. Jahe ukuran 1 ruas jari 
  6. Kunyit ukuran 2 ruas jari 

  • CARA MEMBUAT :
  1. Pertama 500 gram ayam yang sudah dipotong menjadi 2 bagian ditaburi garam dan merica juga air jeruk nipis setelah itu diamkan 15 - 20 menit.
  2. Lanjut dengan menghaluskan bumbu : 6 siung bawang merah , 4 siung bawang putih , 1 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh jintan, Jahe ukuran 1 ruas jari , Kunyit ukuran 2 ruas jari , dan campurkan 200 ml santan kara ( santan siap pakai ) dengan 2 gelas air , aduk hingga tercampur.
  3. kemudian tumis bumbu halus dan lengkuas ukuran 2 ruas jari, 2 lembar daun salam dan 2 lembar daun jeruk purut robek serta 1 batang serai dimemarkan. Tumis sampai harum masukan ayam lalu masak hingga ayam mengeras tambahkan 4 - 5 gelas air / 1 liter air kemudian aduk masak selama 10 menit lalu angkat ayam , tiriskan dan dinginkan. Matikan kompor ( agar kuah tidak habis )
  4. Setelah ayam sudah dingin goreng ayam hingga matang ,setelah matang tiriskan. Bila ayam sudah dingin suwir ayam, sisihkan
  5. Selanjutnya dengan api kecil didihkan kuah tadi , setelah mendidih masukan campuran santan dengan air tadi kemudian sesekali diaduk , masak hingga kuah tadi kembali mendidih jangan lupa tambahkan garam dan merica secukupnya , bila sudah terasa sedap kuah siap disajikan bersama ayam.
  6. sajikan diatas mangkuk / piring dengan suwiran ayam lalu disiram bersama kuah , soto bisa disajikan bersama tipat / lontong.
By