-->

billboard ads



Resep masakan gulai korma ayam atau gulai kurma ayam disini merupakan masakan tradisional khas dari aceh dengan ayam dan korma / kurma sebagai bahan utama masakan tersebut , seperti judulnya yaitu gulai makanan ini berkuah dengan tekstur kuahnya yang sama seperti gulai kambing yang sering dijual di restoran atau pinggir jalan yaitu memiliki tekstur tidak kental dan tidak terlalu encer.

resep gulai korma ini dihidangkan sebagai menu soup yang memiliki tekstur tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer memiliki warna kuah cream agak kuning tampilan hidangan gulai korma ayam ini hampir sama seperti opor ayam yang membedakan tentu bumbu - bumbu dari gulai korma ayam ini.

download & copy paste resep cara membuat gulai korma ayam SPECIAL







RESEP
GULAI KORMA AYAM




  • BAHAN :
    1. 1 ekor ayam, potong 8 bagian ( 2 dada, 2 sayap, 2 paha, 2 punggung) atau bisa dipotong sesuai selera
    2. 1 sendok makan air jeruk nipis 
    3. 1 sendok teh garam
    4. 1/2 sendok teh merica bubuk
    5. 1 sendok makan asam 
    6. 1 buah lengkuas dipotong ukuran 1 ruas jari, geprak
    7. 3 butir cengkih 
    8. 1 batang serai, geprek
    9. 250 ml santan kara ( santan siap pakai )
    10. 750 ml air
    11. 2 lembar Daun salam, robek
    12. 2 lembar daun jeruk purut, robek
    13. 2 sendok makan Kelapa parut , sangrai sampai kecoklatan
    14. Minyak goreng secukupnya untuk menumis
    15. Garam dan merica bubuk secukupnya
    • Bumbu yang dihaluskan :
      1. 8 buah bawang merah
      2. 4 siung bawang putih
      3. 1 sendok makan ketumbar
      4. 1/2  sendok makan jinten
      5. 1 buah Jahe dipotong ukuran 2 ruas jari, kemudian cincang 
      6. 1 buah Kunyit dipotong ukuran 1 ruas jari kemudian dicincang


      • CARA MEMBUAT :
        1. Pertama 1 ekor ayam dipotong 8 bagian lalu ditaburi 1 sendok teh garam dan 1/2 sendok te merica bubuk lalu dilumuri dengan 1 sendok makan air jeruk nipis diamkan selama 15 menit
        2. Selagi menunggu bumbu pada potongan ayam meresap lanjutkan dengan menghaluskan semua bumbu yaitu 8 buah bawang merah, 4 siung bawang putih, 1 sendok makan ketumbar, 1/2  sendok makan jinten, 1 buah Jahe dipotong ukuran 2 ruas jari, dan 1 buah Kunyit dipotong ukuran 1 ruas jari kemudian dicincang
        3. Selanjutnya 2 sendok makan kelapa disangrai hingga berwarna kecoklatan angkat dan sisihkan kemudian siapkan santannya 250 santan kara dicampur dengan 750 ml air kemudian aduk.
        4. Sekarang setelah semua bahan sudah disiapkan lanjut dengan proses memasak pertama - tama panaskan minyak goreng dalam wajan lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan saat menumis masukan 3 butir cengkih, 1 batang serai geprak dan 1 buah lengkuas potong 1 ruas jari geprek , 2 lembar Daun salam robek dan 2 lembar daun jeruk purut robek lanjut tumis hingga tercium aroma harum, masukan semua potongan ayam aduk hingga bumbu tumis dan ayam tercampur.
        5. Selanjutnya tuangkan santan yang sudah dicampur dengan air tadi dan masukan 1 sendok makan asam  juga masukan kelapa parut yang sudah disangrai lalu aduk hingga tercampur rata, lanjutkan masak hingga santan / kuah mulai berkurang  kecilkan api jangan lupa tambahkan garam dan merica secukupnya aduk lagi cicip rasa bila sudah terasa lanjut masak sampai matang jangan sampai kuah santan habis ! , setelah matang langsung angkat dan sajikan. 
        6. Untuk penyajian silahkan sajikan bersama garnish atau taburan bawang goreng


        By