-->

billboard ads



mie kocok ada banyak macam dan juga hampir ada diberbagai daerah dengan nama khasnya sendiri, mie kocok medan ini merupakan salah satunya yang dimana mie ini memiliki rasa yang khas pada daerah nya sendiri sesuai dengan namanya yaitu mie kocok medan.

mie kocok ini merupakan salah satu hidangan sepinggan berkuah dengan cara membuat yang tergolong mudah dan cukup sederhana dan tentunya dengan rasa yang enak, makanan ini dapat ditemukan didaerah tertentu dengan harga yang murah dan tidak terlalu mengenyangkan.

download & copy paste resep mie kocok medan




RESEP
MIE KOCOK MEDAN




  • BAHAN :
  1. 1 bungkus mie kuning, rebus lalu tiriskan.
  2. 100 gram tauge, blanch ( cukup dengan menyiram tauge dengan air panas tanpa direbus )
  3. 250 gram ayam, rebus kemudian potong dadu 
  4. 150 gram udang dibersihkan , kemudian rebus
  5. 1 buah tahu, potong dadu ukuran 1 cm kemudian goreng
  6. 1 sendok makan tepung maizena + larutkan dengan 3 - 4 sendok makan air 
  7. 1 sendok makan ebi , rendam kemudian haluskan 
  8. 1 buah pala, memarkan 
  9. Garam dan merica secukupnya 
  10. 500 ml kaldu ayam / kaldu udang
  11. Minyak goreng secukupnya
  • Bumbu yang dihaluskan :
  1. 3 siung bawang merah 
  2. 3 siung bawang putih 
  3. 1 buah jahe ukuran 1 ruas jari , cincang

  • CARA MEMBUAT : 
  1. Pertama rebus mie , setelah mie selesai direbus tiriskan kemudian ditambahkan minyak goreng secukupnya agar mie tidak lengket , aduk hingga minyak tercampur secara merata. Sisihkan
  2. 100 gram Tauge diblanch setelah itu sisihkan, ebi rendam 5 menit lalu tiriskan kemudian haluskan , sisihkan. Tahu dipotong dahulu lalu digoreng kemudian sisihkan.
  3. 250 gram ayam rebus dengan air 500 - 600 ml air dengan api kecil hingga ayam sudah cukup matang tiriskan kemudian potong dadu, sisihkan. ( air rebusan jangan dibuang karena air rebusan merupakan kaldu ayam ) 
  4. 150 gram udang dibersihkan kulit badan dan kepala , kulit ekornya tidak perlu dibersihkan ( kulit dan kepala udang jangan dibuang ) setelah dibersihkan iris sedikit punggung udang lalu rebus hingga udang berwarna merah kemudian tiriskan.
  5. Kulit dan kepala udang dapat dijadikan kaldu dengan cara kulit dan kepala udang tadi diblanch dahulu ( direbus dengan sedikit air kemudian air rebusan dibuang ) setelah diblanch rebus perbandingan 3 : 1 ( air 3 dan 1 bahan yang direbus ) masak kepala dan kulit udang dengan di simmer yaitu memasak dengan api kecil sampai 20 menit saja, setelah itu saring dan gunakan kaldu udangnya  saja.
  6. Tumis bumbu 3 siung bawang merah & putih dan 1 buah jahe ukuran 1 ruas jari yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum kemudian masukan ayam dan udang yang sudah rebus tadi aduk sampai kaku masukan juga tahu goreng aduk sebentar kemudian tambahkan 500 ml kaldu tadi ( bisa gunakan kaldu ayam / kaldu udang ) tambahkan garam dan merica secukupnya lalu masak dengan api sedang hingga mendidih langsung kecilkan api lanjut dengan memasak kaldu dengan api kecil kemudian tambahkan larutan tepung maizena tadi kemudian aduk bila kaldu sudah cukup mengental matikan api. Kaldu siap digunakan
  7. Siapkan mangkuk berisi mie dan tauge lalu siram dengan kaldu tadi , mie bisa dihidangkan dengan telur rebus iris , bawang goreng atau krupuk.
By