-->

billboard ads



Martabak telur adalah hidangan yang biasanya disajikan sebagai cemilan, martabak disini berasal dari kata "mutabaqq" yang dalam bahasa arab berarti dilipat. di indonesia ada yang namanya martabak manis dan martabak telur yang dibahas kali ini adalah martabak telur , martabak manis lebih mirip seperti kue dengan isian seperti selai ditengahnya sedangkan martabak telur seperti lumpia dengan isian daging di dalamnya.




RESEP
MARTABAK TELUR


  • BAHAN : 
          1. Minyak goreng secukupnya ( untuk menggoreng martabak telur )
          2. Garam secukupnya
          3. Merica secukupnya
          4. 2 buah telur ayam atau telur bebek
              • Kulit martabak telur 
                1. 4 sendok makan tepung terigu
                2. 40 ml air
                3. 1 sendok makan minyak
                4. Garam secukupnya
                5. Margarine secukupnya
                  • Bahan isi 
                    1. Daging ayam 250 gram, dicincang / digiling
                    2. 2 batang Daun bawang ( bawang prei )
                    3. 6 siung bawang merah, choped ( cincang halus )
                    4. 4 siung bawang putih, choped ( cincang halus )
                    5. 2 lembar bawang bombay, choped ( cincang halus )

                      • CARA MEMBUAT :
                        1. Pertama membuat kulit martabak telur , siapkan wadah atau mangkuk lalu tuangkan 4 sendok makan tepung terigu , garam secukupnya , 1 sendok makan minyak dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk / diulen hingga adonan kalis
                        2. Selanjutnya setelah adonan kalis adonan dibagi 3 atau sesuai keinginan lalu setiap adonan diolesi margarine.
                        3. Setelah itu adonan direndam didalam minyak goreng selama 1 jam. 
                        4. Kemudian lanjut dengan menyiapkan bahan isian martabak telur pertama siapkan daging ayam 250 gram dicincang / digiling, 2 batang Daun bawang ( bawang prei ) dipotong kasar kecil - kecil, 6 siung bawang merah, choped ( cincang halus ), 4 siung bawang putih, choped ( cincang halus ) dan 2 lembar bawang bombay, choped ( cincang halus ).
                        5. setelah bahan siap panaskan wajan dengan minyak secukupnya untuk menumis lalu tumis bawang putih & merah dan bawang bombay yang sudah dichoped hingga tercium aroma harum selanjutnya masukan  daging ayam yang sudah digiling atau dichoped halus masak ayam hingga berwarna agak putih lalu tambahkan garam dan merica lalu aduk, saat ayam hampir matang masukan daun bawang ( bawang prei ) kemudian aduk sebentar hingga daun bawang terlihat layu, sisihkan.
                        6. isian yang sudah disisihkan tadi ditambahkan dengan 2 butir telur ayam atau bebek kemudian aduk - aduk hingga tercampur rata, sisihkan.
                        7. sekarang ambil adonan yang sudah rendam tadi kemudian dipipihkan  diatas alas yang lebar, pipihkan semua adonan hingga benar - benar tipis tetapi tidak sampai robek.
                        8. setelah adonan dipipihkan siapkan wajan atau teflon ( pan ) yang cukup lebar panaskan minyak secukupnya (  sekitar 20 ml minyak goreng ) setelah minyak panas kecilkan api lalu letakan adonan diatas teflon atau wajan sampai adonan sudah agak mengeras tuang isi martabak secukupnya kemudian lipat martabak sisi atas , bawah dan kiri serta kanan hingga membentuk persegi, masak hingga warna agak kecoklatan ( jangan sampai gosong ), setelah matang sisihkan lakukan hal yang sama pada sisa adonan. 
                        9. martabak siap disajikan bersama cabai segar atau saus  dan acar.
                          By