-->

billboard ads



Selain bubur jagung dan es brenebon daerah Gorontalo juga memiliki kuliner sate, yaitu " Sate Tuna ". Yang dimana sate tuna ini merupakan salah satu sumber daya alam daerah gorontalo yang dimanfaatkan masyarakat gorontalo dengan makanan yang disebut sebagai sate dan bahan utamanya yaitu ikan tuna menjadikan sate ikan tuna ini sebagai ciri khas resep masakan dari gorontalo.

Namun beberapa daerah juga memiliki kuliner khas sate tuna ini, tetapi hanya saja penggunaan bahan dasar dan racikan bumbunya berbeda dan inilah yang mencirikan perbedaan sate diberbagai daerah makanan yang tergolong sebagai hot appetizer ini biasanya disajikan bersama makanan peneman lainnya.

download & copy paste resep cara membuat sate ikan tuna khas gorontalo





RESEP 
SATE IKAN TUNA


  • BAHAN :
    1. 2 ikat ikan tuna difillet dan dipotong dadu
    2. 2 tusukan sate secukupnya 
    3. 2 siung bawang merah kemudian diiris ( agar mudah dihaluskan )
    4. 3 siung bawang putih diiris tipis ( agar mudah dihaluskan )
    5. 6 buah cabai rawit merah diiris  ( agar mudah dihaluskan )
    6. 1 sendok teh ketumbar
    7. 2 sendok makan air asam jawa
    8. 8 sendok makan kecap manis pedas / kecap manis
    9. 1 sendok makan minyak sayur
    10. garam secukupnya
    11. merica secukupnya
    12. air secukupnya

    • CARA MEMBUAT
      1. cuci bersih ikan tuna ambil dagingnya saja dan buang jeroannya lalu fillet 2 ikan tuna setelah itu ikan tuna dipotong dadu selanjutnya lumuri dengan 2 sendok makan air asam jawa, diamkan 5 - 10 menit sampai bumbu meresap sempurna.
      2. selagi menunggu air asam meresap pada ikan tuna lanjutkan kegiatan selanjutnya dengan membuat bumbu untuk sate ikan tuna. haluskan 1 sendok teh ketumbar, 2 siung bawang merah, 3 siung bawang putih dan 6 buah cabai rawit merah yang sudah diiris agar mudah dihaluskan, sambil menghaluskan tambahkan garam dan merica secukupnya saja.
      3. masukan bumbu yang sudah halus kedalam mangkuk lalu tambahkan 1 sendok makan minyak sayur, 8 sendok makan kecap manis pedas atau kecap manis,lalu tambahkan air sedikit demi sedikit saat mengaduk bumbu hingga bumbu agak encer.
      4. setelah selesai membuat bumbu selanjutnya tusuk daging dikan tuna yang sudah dipotong dadu tadi dengan tusukan sate lalu masukan  sate ikan tuna pada bahan bumbu tadi, lalu aduk - aduk sampai rata, kemudian diamkan sekitar 5 - 10 menit sampai bumbu pada ikan tuna meresap.
      5. setelah itu siapkan panggangan untuk membakar atau memanggang sate ikan tuna setelah bumbu meresap pada sate ikan tuna, bakar atau panggang sate ikan tuna diatas bara api kemudian kadang - kadang olesi sate ikan tuna dengan bumbu yang tadi dibuat, sambil dibolak balik agar matangnya sate ikan tuna merata, lakukan seterusnya sampai semua sate ikan tuna matang.
      6. setelah semua matang angkat lalu sajikan diatas piring sesuai selera.
       (Note : bila menghaluskan menggunakan pengulekan haluskan terlebih dahulu dari ketumbar ⇢ bawang merah / bawang putih ⇢ cabai rawit, agar semua bumbu halus rata )

        By