-->

billboard ads



Tili aya salah satu kuliner daerah gorontalo yang pembuatan dan penyajiannya terbilang cukup sederhana. dalam masyarakat gorontalo tili aya ini biasanya disajikan disetiap acara - acara adat masyarakat gorontalo, cara penyajian yang simpel dan mudah sekaligus resep tradisional turun temurun masyarakat gorontalo.

Tili aya tergolong sebagai makanan dessert dalam menu indonesia tili aya ini juga biasa dibeli untuk oleh - oleh makanan dari gorontalo, walaupun dalam pembuatan makanan ini terbilang cukup mudah serta merupakan menu tradisional dengan beberapa perubahan serta style dalam platting makanan ini dapat diubah dengan kesan lebih modern.

download & copy paste resep cara membuat tili aya




RESEP
KUE TILI AYA




  • BAHAN : 
    1. 360 gram gula merah, kemudian dipotong atau diserut
    2. 5 buah telur ayam 
    3. 2 helai daun pisang / 1 batang daun pisang, kemudian dibersihkan
    4. 2 helai daun pandan,kemudian diikat
    5. 1½ gelas santan kelapa.
    6. 1 gelas air
    7. minyak goreng atau margarine secukupnya ( untuk mengoles alas loyang kue )
    8. ½ sendok teh garam

    • CARA MEMBUAT :
      1. pertama siapkan panci berisikan 1 gelas air lalu rebus air bersama 2 ikat daun pandan hingga mendidih, setelah air mendidih masukan 360 gram gula merah yang sudah diserut atau dipotong kecil - kecil ( alasan dipotong / diserut disini agar gula merah lebih mudah meleleh saat direbus bersama air ). rebus hingga  gula merah meleleh dan mengental.
      2. setelah gula merah mengental siapkan mangkuk atau baskom untuk menaruh gula merah yg sudah mengental setelah itu campur 5 buah butir telur bersama dengan gula merah yang sudah mengental aduk sampai gula merah dan telur tercampur rata setelah itu tambah ½ sendok teh garam lalu aduk kembali sampai semuanya tercampur saat mengaduk tambahkan 1½ gelas santan kelapa sedikit demi sedikit kedalam adonan hingga tercampur rata.
      3. selanjutnya setelah adonan tercampur rata saatnya adonan dituangkan ke loyang kue Sebelum itu daun pisang yang sebelum sudah disiapkan digunakan sebagai alas loyang kue gunakan secukupnya saja, daun pisang yang dijadikan alas diolesi minyak goreng / margarine.
      4. setelah itu tuangkan adonan lalu masak dengan cara dikukus sekitar 30 - 40 menit hingga adonan matang dengan sempurna.
      5. setelah adonan matang angkat dan dinginkan, setelah dingin silahkan sajikan sesuai kreasi sendiri. Selamat mencoba
        By